Langsung ke konten utama

Penyebab bulir padi gabug




Obat streess petani


Adanya Serangan Hama dan Penyakit
Aapabila kita membudidayakan padi pasti akan ditemukan yang namanya hama atau penyakit yang bermacam-macam jenis yang akan menganggu tanaman padi.terlebih-lebih ekosistem yang kurang mendukung, pola tanam yang tidak bagus, tanam tidak serentak, berbagai macam varietas dalam satu kawasan, dosis pupuk nitrogen berlebihan dan tidak berimabang ,selalu ditanami padi sepanjang tahun, tidak dilakukan pergiliran varietas, pengolahan tanah kurang sempurna, sehingga singgang padi yang terserang penyakit tugro masih tersisa disawah, penggunaaan pestisida yang kurang bijaksana, gulma kurang bersih dll, Seraqngan hama dan penyakit pada tanaman padi bisa mencapai intensitas ringan, sedang, berat, sampai puso, tergantung kondisi setempat, cuaca, iklim, dan pengetrapan teknologi yang dipakai petani.sejak dini uritan / persemaian samapai menjelang panen petani perlu berbagai upaya semaksimal mungkin, perlu pengawalan yang lebih ketat, lebih-lebih menggunakan padi hybrida.dilahan padi ada yang namanya (ma) musuh alami, merupakan teman para petani seperti laba-laba peburu, laba-laba jarring, katak dll.

Agar musuh alami tersebut tidak ikut mati apabila petani menggunakan pestisida, pakailah insectisida sentesis yang bersifat ringan, dan sesuai anjuran atau menggunakan pestisida alami, sehingga yang mati hanya hama, dan perlu dilakukan pengamatan setiap minggunya untuk mengetahui perkembangan hama dan musuh alami sehingga petani dapat melakukan tindakan.

Beberapa hama yang menimbulkan padi menjadi hampa hama yang menyerang batang tanaman padi misalnya hama penggerek batang (beluk) hama wereng batang coklat (nilaparvata lugens), hama trips padi (rice trips) dan penyakit busuk leher,penyakit kerdil kuning.
Apabila menyerang daun tanaman adalah xanthomonas oryzae (xo) penyakit tugro dimana penyebaranya ditularkan oleh wereng hijau (nephotettix virescens), penyakit daun jingga, penyakit busuk pelepah daun disebabkan oleh cendawan dan hama yang menyerang lewat bunga dan buah (gabah) yaitu hama walang sangit (leptocorisa acuta) dan burung.

Tidak Terjadinya Pembuahan
Dalam keadaan normal bertemunya benang sari (tepungsari) dengan putik atau bakal buah sudah dapat dipastikan akan terjadi pembuahan dan akan menjadi gabah. Dari pembukaan kepala sari sampai dengan menjadi gabah masak sempurna dibutuhkan waktu lebih kurang antara 30-33 hari. Gabah hampa disebabkan tidak bertemunya tepungsari dengan putik ( bakal buah) banyak faktor yang mempengaruhinya seperti cuaca yang tidak mau bersahabat, suhu rendah saat pembentukan malai yang mengakibatkan degenerasi tepungsari. Kepala putik kering karma suhu tinggi, suhu rendah dan kelembaban tinggi pada massaw pembunggaan yang mengakibatkan bulir tidak membuka, tanaman padi roboh pada massa generatif karma angina kencang dan intensitas cahaya matahari kurang karena kondisi mendung atau temaung pohon-pohonan, bunga tanaman padi sedang membuka terjadi hujan deras.


Kurang Tepat Teknik dan Aplikasi
Banyak faktor yang memepengaruhi terjadinya hampa pada padi semisal karma jarak tanam yang terlalu dekat,penggunaan pupuk yang berlebihan terutama pupuk nitrogen, dan menggunakan varietas padi yang memiliki batang tinggi sehigga pada musim hujan aakan ribih terkena angin, dan kuranya pasokan air pada saat generatif sehingga terjadi pengeringan pada kepala putik, dan pada saat bungga membuka melakukan penyemprotan sehingga benang sari dan kepala putik ikut mati.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGORBANAN ISTRI UNTUK SUAMI

            Para Laki-Laki, Kamu Harus Tau dan Memahami Hal Ini Rumah Mertua Tidak mudah bagi seorang wanita untuk "DATANG" sendirian ke sebuah keluarga baru.. kemudian harus menyesuaikan diri sedemikian rupa,, untuk dapat hidup bersama keluarga baru tersebut juga tidak mudah.. Yang sering terjadi adalah konflik batin,, Tangis,, Ketidak cocokan di banyak hal. Dan tetap bertahan demi orang yang dicintainya meskipun sebenarnya dia setress!! Para laki-laki kamu harus tahu..               Istrimu rela meninggalkan kedua orangtua yang sudah menyayanginya sejak kecil..* Rela meninggalkan rumahnya yang merupakan tempat ternyamannya sejak kecil.. Hanya demi menaati,, mengikutimu dan membahagiakanmu wahai Suami... Ia hanya berharap kamu lah Suami yang akan menjadi pengganti orang yang menyayanginya dan menjadi tempat ternyamannya setelah meninggalkan rumahnya.. Setengah dari Suami memahami hal itu.. Setengahnya lagi tak mau tau akan hal itu.. Maka..             Harg

TIP UNTUK LANGSING

Cara pembuatan air jahe dan madu: 1. Pakai 2 lembar jahe yang sudah dipotong kira-kira seberat 10 gram saja. 2. Kemudian siapkan 200 mg air hangat. Jangan gunakan air yang terlalu panas karena dia akan merusak khasiat yang pada jahe dan madu. 3. Campurkan jahe dan satu sendok madu, kemudian aduk secara merata. Minuman ini pun siap disajikan. 4. Minumlah air jahe dan madu ini tiga kali sehari. Minum segelas air jahe madu ini pada pagi dan malam hari, kemudian makanlah 30 menit kemudian. Sebelum mandi, minum segelas air jahe madu ini. Setelah setengah bulan, perubahan baik yang akan terjadi pada tubuhmu 1. Berat badanmu akan berkurang 10 kg 2. Kulitmu akan semakin halus 3. Lemak yang tidak diinginkan pun akan hilang, sehingga bentuk badanmu akan kelihatan lebih bagus. 4. Jika kamu meminumnya selama lebih dari setengah tahun, garis-garis penuaan pada wajahmu akan memudar atau bahkan menghilang seketika.

PENGOBATAN ALTERNATIF

http://tricsehat.blogspot.com/2016/07/batuk-minggat-dahak-dan-lendir-di-paru.html?m=1 Artikel selanjutnya nunggu habis "Syawalan" بسم الله الرحمن الرحيم  الحمد لله رب العالمين، والصلاة و السلام على سيدنا محمد الصادق الوعد الأمين. مع فائدة جديدة من فوائد ابن القيم رحمه الله تعالى. يقول: " ذكر ابن سعد في الطبقات عن عمر بن عبد العزيز أنه كان إذا خطب على المنبر فخاف على نفسه العجب فقطع الخطاب. مرة سيدنا عمر بن الخطاب كان يخطب، وهو في أدق مكان في خطبته سكت، وقال: يا ابن الخطاب، كنت ترعى إبلاً على قراريط، وتابع الخطبة، هذه ليس لها علاقة، ما الذي حصل ؟ قطع البرنامج، ظهرت دعاية، يشبه هذا، ليس لها علاقة، فلما نزل من على المنبر سأله أحد أصحابه: لمَ قلت كذا ؟ قال: جاءتني نفسي فقالت لي: ليس بينك وبين الله أحد، أنت أعلى مؤمن، و أنت خليفة المسلمين، فأردت أن أعرفها حجمها، وقال: يا ابن الخطاب، كنت ترعى إبلاً على قراريط لأهل مكة، والآن أنت أمير المؤمنين، لذلك قال مرة: " كنت عميرا فأصبحت عمر، فأصبحت أمير المؤمنين ". سيدنا عمر بن عبد العزيز يبدو أنه اقتدى به، قال: &